Ahli: 2 hingga 6 Bulan Paska Negatif, Pasien Masih B「Platform」isa Alami Long Covid

  • 时间:
  • 浏览:0
  • 来源:Onlinecashcasino

PlPlatformatformerlang juga berkata, Long CovPlatformid hanyalah salah satu dari kejadian sindrom pasca covid akut dan menjadi kasus tertinggi yang dialami pasien sembuh infeksi Covid-19.

Selain Long Covid, ternyata data menunjukkan keluhan lain yang perlu diperhatikan oleh pasien paska sembuh dari infeksi adalah komplikasi rawat inap, sindrom perawatan pasca-intensif (post-intensive care syndrome/PICS), gangguan inflamasi multisistem (multisystem inflammatory disorder), guillain-barre, dan lain sebagainya.

Dalam diskusi Webinar Awam Long Covid-19 bertajuk Sindrom Pasca Covid, Erlang menjelaskan gejala yang baru ataupun berkepanjangan seperti Long Covid ini dapat terjadi pada semua pasien post Covid.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.

Daftarkan email

KOMPAS.com - Ahli menegaskan bahwa setelah 2 bulan bahkan lebih, pasien paska terinfeksi virus corona masih bisa mengalami gejala atau keluhan Long Covid.

Baca juga: Peneliti Ungkap 1 dari 3 Orang yang Sembuh dari Covid-19 Menderita Gangguan Otak

"Masih ada juga gejala yang menetap (setelah sembuh Covid-19), Long Covid," ujarnya.

Hal ini dikarenakan berdasarkan data, setelah sembuh, 45 persen pasien akan membutuhkan perawatan kesehatan. Sekitar 4 persen membutuhkan rehabilitasi rawat inap, dan 1 persen akan permanen membutuhkan pelayanan kesehatan.

Sekitar 4,5 persen lainnya mengalami gejala saat lebih dari 8 minggu, dan 2,3 persen mengalami gejala menetap tersebut setelah 12 minggu.

"Paling sering sekali dialami oleh mereka yang perlu perawatan rumah sakit saat terinfeksi (positif) Covid-19," ujarnya.

Umumnya, 13.3 persen pasien mengalami gejala Long Covid setelah lebih dari 28 hari sembuh.

Pasien Long Covid tidak hanya semata kelainan paru, melainkan juga melibatkan berbagai organ lain.

"Perlu penanganan komprehensif untuk pasien Long Covid," tuturnya.

Oleh karena itu, pasien yang telah dinyatakan negatif atau sembuh dari Covid-19 masih tetap membutuhkan pelayanan kesehatan pasien Covid-19.

 Baca juga: Penelitian Baru: Gejala Long Covid Bisa Menetap hingga 9 Bulan

Long Covid adalah menetapnya gejala-gejala tertentu pada pasien Covid-19, yang sudah dinyatakan sembuh sampai berminggu-minggu hingga berbulan-bulan.

"Long Covid itu memang masih bisa terjadi setelah 2 bulan, 3 bulan, sampai 6 bulan paska (pasien Covid-19) keluar dari rumah sakit (setelah negatif Covid-19)," kata dr Erlang Samoedro SpP(K), Dokter Spesialis Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi di RSUP Persahabatan, Sabtu (3/4/2021).